Rabu, 04 Oktober 2017

    Cara Pemasangan Batu Bata yang benar

    1. Mempersiapkan bahan-bahan utama
    Pertama kalinya anda harus mempersiapkan batu bata, pasir, semen, air, cangkul, benang tukang, sendok semen, paku, air dan ember.
    1. Campur dulu pasir dan semen dengan benar
    Gunakan campuran antara pasir dan semen yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika pencampuran kedua material ini terlalu banyak digunakan akan terbuang sia-sia karena akan mengeras. Perbandingan pasir dan semen yang harus anda campur adalah 4 : 1. Perbandingan ini akan menghasilkan kombinasi yang kuat. Aduklah kedua material ini sampai merata. Kualitas campuran semen dan pasir yang merata biasanya ditandai dengan semakin sedikitnya buih-buih yang ada pada campuran tersebut.
    1. Lakukan pengukuran pada area yang ingin dipasang batu bata
    Pemasangan batu bata bisa berjalan dengan akurat apabila anda melakukan pengukuran terlebih dahulu pada area yang dituju. Biasanya para tukang akan memberikan tanda pada setiap pojok dinding dengan menancapkan besi penyangga. Selain itu anda juga boleh mempersiapkan benang tukang, paku dan palu dalam langkah ini. Benang yang anda siapkan harus anda tarik secara vertikal dan horizontal untuk memastikan bahwa batu bata yang dipasang nantinya tidak miring.
    1. Mulailah pemasangan
    Tempatkan campuran pasir dan semen yang telah anda aduk di area yang sudah anda pasangi benang. Biasanya ketinggian dan tebal semen yang baik untuk anda taruh itu setebal 2 sentimeter. Setelah itu letakkan batu bata ke atas semen yang telah anda letakkan.
    Pasang dalam posisi horizontal. Lalu letakkan lagi campuran semen dan pasir yang telah anda aduk dan kali ini letakkan diatas batu bata yang telah dipasang. Lakukan dengan ketebalan yang sama. Lanjutkan begitu seterusnya.
    Trik pemasangan batu bata yang benar adalah dengan meletakkan batu bata dengan posisi zig-zag agar semen dan batu bata saling mengikat satu sama lain. Ini adalah hal yang sangat krusial dalam pemasangan batu bata. Jika anda memasangnya dengan cara sejajar maka tembok yang anda buat tidak akan kuat ketahanannya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar